Fungsi
Diposting tanggal: 07 Desember 2010

Fungsi LP3-I

Dalam pasal 22 PP No.33 Tahun 1985 ditetapkan bahwa fungsi Laboratorium adalah

a)   Mempersiapkan sarana dan melaksanakan pendidikan dan pembelajaran dalam sebagian ilmu pengetahuan agama Islam

b)  Mempersiapkan sarana dan melaksanakan penelitian dalam sebagian ilmu pengetahuan agama Islam

Pasal 43 Keputusan Menterei Agama No. l7 Tahun 1988 ditetapkan pula fungsi Laboratorium untuk :

a)   Mempersiapkan sarana penunjang untuk melaksanakan pendidikan dan pembelajaran sesuai dengan bidang stu­di yang bersangkutan

b)  Mempersiapkan sarana penunjang untuk melaksanakan penelitian dan pengembangan sesuai dengan bidang studi yang bersangkutan

Berdasarkan ketentuan di atas maka fungsi utama laboratorium dapat dirumuskan sebagai berikut:

  1. Mempersiapkan kelengkapan atau media pembelajaran untuk penerapan bahan kuliah teoretis yang telah diterima mahasiswa, sehingga antara teori dan praktek terdapat hubungan yang berurutan
  2. Memberikan ketrampilan kerja ilmiah bagi dosen dan mahasiswa, antara lain prosedur penelitian, penyu­sunan perangkat perencanaan pembelajaran dan penggunaan metode meng­ajar yang inovatif
  3. Memupuk dan mengembangkan keberanian dalam diri mahasiswa untuk mencari hakikat kebenaran ilmiah dari suatu objek melalui diskusi atau seminar
  4. Meningkatkan ketrampilan para mahasiswa mengguna­kan alat atau media yang tersedia di laboratorium untuk latihan ketrampilan mengajar
  5. Memupuk dan mengembangkan rasa ingin tahu mahasis­wa melalui penelitian di lapangan, dokumen dan bu­ku serta sumber belajar yang tersedia di laboratorium
  6. Dalam kaitannya dengan bidang studi, maka mahasiswa sebagai calon guru sesuai bidang studinya diharapkan dapat mempelajari penerapan konsep-konsep dalam situasi konkret atau nyata dalam masyarakat dengan menggunakan sarana yang ada. Untuk maksud tersebut maka manfaat yang diharapkan diperoleh mahasiswa adalah :

a.          Menimbulkan minat dan dorongan mempelajari ilmu pengetahuan agama; hal ini sesuai dengan kegi­atan laboratorium yang menitik beratkan aktiv­itas mahasiswa

b.         Lebih memeragakan konsep-konsep dan proses pembelajaran

c.          Mendorong penggunaan media dalam pembelajaran

d.         Membantu meningkatkan pengetahuan dan ketram­pilan profesional calon guru

e.          Meningkatkan penghayatan dan ketrampilan atas penerapan atau pengamalan hukum-hukum dan teori-teori, sehingga mahasiswa memahami makna penghayatan tersebut